Home » , » Perang Sabah Buka Kelemahan Militer Malaysia

Perang Sabah Buka Kelemahan Militer Malaysia

Written By Ifal Pawitikra on Kamis, 07 Maret 2013 | 06.20

Para pejuang Tentara Pembebasan Sabah (Sabah Liberation Army-SLA) mengatakan bahwa perang gerilya akan terus dilakukan untuk membebaskan Sabah dari pendudukan Malaysia. Suatu pernyataan disampaikan oleh para pejuang SLA dari Sulu. Tentara Malaysia pun sampai hari ini (06/03/2014) belum mengumumkan perkembangan terakhir serangan yang dilakukan oleh militer Tentara Diraja Malaysia.
Sementara itu Kedutaan Besar Malaysia di Manila ditutup karena adanya demonstrasi di depan kedutaan besar negara Malaysia. Perkara perjuangan membebaskan Sabah oleh Kesultanan Sulu menjadi berita besar baik di Malaysia, Brunei dan Filipina - sementara pihak Indonesia menganggap peristiwa dan pergolakan di Sabah bukan urusan Indonesia, meskipun pada kenyataannya kondisi di lapangan sangat memungkinkan penyusupan dan perampasan wilayah Indonesia oleh Malaysia terjadi dengan memanfaatkan konflik Sabah.
Pihak SLA atau Tentara Pembebasan Sabah yang diduga juga didukung oleh MNLF menyampaikan bahwa mereka akan melakukan serangan secara sporadis dan terencana sebagai balasan atas serangan yang sudah menewaskan llebih dari 50 orang termasuk pihak Tentara Diraja Malaysia. Para pengamat militer sebenarnya merasa heran dengan taktik militer Malaysia dalam perang di Sabah melawan para pejuang SLA.
Para pejuang SLA yang merupakan keturunan dan pewaris yang sah atas Sabah sesuai dengan garis hak dari Kesultanan Sulu berikrar akan melakukan serangan balik dan akan terus berupaya membebaskan Sabah secara militer karena tidak ada dukungan secara diplomatik. Para pejuang SLA menyampaikan bahwa integrasi Sabah tidaklah sah karena dilakukan atas dasar persetujuan para pengelana Eropa, China, dan Kolonial Inggris di Borneo Utara.
Di pihak lain, perang di Sabah ini adalah perang pertama militer Malaysia dalam menghadapi perang gerilya yang akan berlangsung bertahun-tahun. Menarik sekali mengamati kemampuan perang militer Malaysia tanpa dukungan Inggris, Australia dan Singapura. Namun melihat beberapa hari sejak pernyataan perang terhadap para pejuang SLA, kemampuan taktis militer Tentara Diraja Malaysia menunjukkan tingkat yang sangat rendah dibandingkan dengan kemampuan militer Filipina, Laos, Singapura, Indonesia, apalagi Vietnam.
Sumber : Kompasiana

76 komentar:

  1. info anda berat sebelah. media indonesia seperti biasa memainkan peranan merendah2kan kemampuan pertahanan malaysia. kami terlalu lewat memusnahkan penganas sulu disebabkan mereka itu adalah saudara muslim. jika tidak kami melaksanakan pembunuhan besar-besaran terhadap penganas itu.

    BalasHapus
  2. orang indon n sebenarnya buta sejarah...bodoh..sekarang zaman it..buka baca dululah...mna satu pulau kamu malaysia ambil???jika benar pulau kamu..kenapa kalah dalam tututannya..kalaw kamu menang dalam tututan masih ckp orng salah..kalah dalam tututan pun masih ckp orng salah...otak kamu letak mna???

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh bdoh btul lh bdak ne.dh tw mlayanjing.malingasia.suka curi bdaya.wilayah...negara kecil mw belagak..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  3. kalau aku ckp kamu bodoh..kmu marah..mna satu pulau kmu malaysia ambil???jika betul itu pulau kmu..kenapa kalah dalam tututan??kmu ternyata buta sejarah...it ada buka dan baca..kemudian kaji..baru boleh ckp...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  4. Biasalah, media indonesia

    BalasHapus
  5. Kamu salah Lon ... Kamu menang di Mahkamah Internasional karena sikap curang negara Malon ... Waktu P. Sipadan dan P. Ligitan dalam keadaan status quo, ternyata Malon diam-diam membangun resor. Dan Malon telah bersekongkol dengan Mahkamah Internasional yang pada waktu itu diketuai oleh orang British.
    Siapa tega seorang British menghinakan BUDAKNYA yang bernama MALINGSIA,
    maka pantaslah seekor Anjing hina British memenagkan BUDAK PELIHARAANNYA yang bernama Malingsia.
    Dan perlu diingat oleh kamu Lon, bahwa pada suatu saat P.Sipadan dan P.Ligitan pasti kami rebut kembali. Itu suatu kepastian hanya tinggal menunggu waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, bodoh nya indonesia.sejarah perang kalian sungguh goblok dan gembel. Kalian hanya di guna oleh bung karno yang mengaut kekayan untuk familyna.lihat dahulu tanah air mu.inul daratista lg berkuasa dari majlis ulamak indonesia. Ini yg kalian gelar pembela islam?? Bangsa indonesia byak syirik pada allah swt. Bertaubat lah. Tidak cukup lagi bencana yg menimpa bangsa mu? Sebelum menjadi lantang majukan ekonomi bangsamu . Jangan menjadi gembel seperti bung karno

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  6. malingsial mmg bangsa bangsat dan keturunan maling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  7. sebetulnya elo malay yang buta sejarah , lupa ama kerajaan majapahit ibu kotanya aje ada di pulau java indo, kekuasaan nya termasuk negri malay , baru sultan sulu aja udah kocar - kacir apalagi nanti kerajaan majapahit bangkit mampus hehe. berarti otak malaysial bisanye cakap ajeee.

    BalasHapus
  8. Ayo lek goyang sabah tetap tanah wutah darah Indonesia, jangan lupa itu agar jiran melet2 digoyang SLA dan duitnya terus terkuras habis utk membiayai perang berlarut. Miris...... malysia akan jadi negara kere.....NKRI liat aja

    BalasHapus
  9. Kemampuan Angkatan perang diraja malaysia cuma setaraf HANSIP di Indonesia

    BalasHapus
  10. gabung suku dayak iban dg laskar sulu, usir penganas malaysia dan pencuri surat2 perjanjian antar sultan sulu dg syarikat hindia timur(ops intelejen)di manila dg kakitangan penghianat filipina......para TKI liat saja...hee....hee

    BalasHapus
  11. orang malon memang licik,serakah, tanah kerajaan lain diakui miliknya. masak tanah sabah cuma dibayar RM.5000 per-tahun. setelah itu diakui sebagai miliknya pula. Manusia macam apa kau ini malon, tak punya malu, tak punya etika, tak punya budaya. lagaknya seperti orang barat, padahal makannya nasi juga. cobalah kamu menjejak bumi malon, dunia kamu di asia bukan di eropa, maka berbaiklah dengan tetangga sekitar. kamu dengan singapore ribut, dengan Indonesia ribut, dengan Philipine juga mau ribut, kamu merasa paling jagoan ya.., tapi kamu lupa betapa menderitanya malon jika berperang dengan kami bangsa Indonesia yang punya sejarah panjang dan sudah teruji dalam berbagai perang.

    BalasHapus
  12. Malaysia=Malassiak=Malingsial=tak berbudaya=tak bermalu=tak beretika=tak berbudi=tak berotak muslim=bejat=bangsat...

    BalasHapus
  13. Woi MALINGSIA merdeka aja masih pemberian inggris bukan hasil perjuangan sendiri

    BalasHapus
  14. malingsialan jancok anjing kurap..
    Tunggu tgl maennya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  15. Swiping orang2 malaysia di Indonesia, ini yg membuat keadaan di Indonesia tdk aman dan kalau bisa dipulangkan saja ke negaranya biar nyusu bibiknya.Artis/pengusaha usir dr NKRI, agar dia lebih hepi dinegaranya dan NKRI tdk butuh Orang2 malaysia.

    BalasHapus
  16. bodoh la...sya org sabah dan setiap pelusuk daerah d sbah yang sya pergi ( k.kinabalu, beaufort, tenom, beaufort , k.belud smpai ke pensiangan ),, smua 100% org2 sabah benci perbuatan terkutuk lgi hina pengganas sulu tu ok?? trima sja hakikatnya... dan ada yg berjanji utk mempertahankan bumi sabah jika kmu btul2 ingin menjajah kami...kmi x takut sama sekumpulan terroris yg buta sejarah lpas tu nak claim sarawak lgi konon...eii pi mampusla..apahal la kmu x claim skali white house di US tu?? boooo~~~~

    BalasHapus
  17. oh ya dan nak perbetulkan tanggapan kmu smua...sya ada kwan org iban dan bidayuh dri sarawak..mreka kata adalah bodoh utk join terroris2 sulu tu... datanglah klau brani..:) org2 sarwak dan sabah terkenal sbagai bangsa 'headhunter' dahulu..jika rasa ragu2, harap pulang ya?? jgn berani depan komputer saja...

    ini special invention but too bad u get shot ( or stabbed or bombed etc )when u go back to ur country..itupun kalau kmu dapat pulanglah...jomlah~ kami tiada kepala ni skarang utk dipenggal buat tanam dkat bawah tiang jambatan...

    BalasHapus
  18. iyalah indon..koranglah yg jaguh..paling jaguh la di rantau ni,di atas bumi ni...plz la,,kmi cuma nak hdup dgn aman...

    BalasHapus
  19. lebih baik hentikan pertikaian ini. Ayolah...kita sama-sama Muslim, bertetangga. Bahwasanya ada perbedaan janganlah terlalu dibesar-besarkan. Kita juga harus menyebut sebuah negara dengan utuh karena itu menyangkut martabat warga negaranya. Sebutlah Indonesia, sebutlah Malaysia. bukan dengan sebutan yang lain. Sesungguhnya akhlak kita tercermin dari apa yang kita ucapkan, yang kita tulis dan yang kita perbuat.

    BalasHapus
  20. Malingsia..yg jarah ambalat..nyiksa tki indonesia?? Msh kau anggap saudara?? Dimana kau tarruh O mu mas bro. Gayang Maingsia

    BalasHapus
  21. ooo yg 'jarah'ambalat....?? bgaimna dgn kmu men'jarah' bumi sarawak, menembak perkampungan kaum kelabit dgn mesingan dari kapal di udara, menyerbu pos tentera di sabah sewaktu mereka sdg beribadah... kmu x ada sebarang rasa malu ka??

    - we may forgive u but we never forget -

    BalasHapus
  22. malon itu sebenernya negara paling hebat didunia, spesialis maling, ngibul dan merkosa tki,.
    Ajing leo maloooonn.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  23. kami telah sepakat merubah nama malaysia negri jiran menjadi (maling jaran yang sial) hai maling, kalau kau masih berkoar akan ku labur mukamu dengan kondom , supaya mukamu lebih mulus dan tidak menjijikan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  24. Jomlah orang indon serang negara kami, kami tak takut, kami punya britania selaku tuan kami pasti bela kami kerana kami nie tunduk dan patuh seperti hamba sahaya britania,hihihihhi

    BalasHapus
  25. malon asu jancok FUCK

    BalasHapus
  26. kita boleh bersahabat dengan negara muslim manpun dan non muslim yg care, asal jangan malyasia. malaysia adalah benalu, musuh dlm selimut, busuk hatinya, srigala berbulu domba, penipu, pembohong, pencuri, dan laknatullah2 lainnya. cakap nya halus hatinya picik....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  27. Malingsia merdeka karena Najib Razak harus menjilat kaki ratu Inggris

    BalasHapus
  28. siapa orang indon yang benci malaysia cubalah berfikir dengan waras buat apa mahu benci dengan malaysia sedangkan orang bahasa indonesia hidup di sini dengan aman damai. Malahan ada yang sudah jadi kaya di sini. Dan atas kebaikan Malaysia ada yang sudah mendapat IC tetap di sini. Ada yang tinggal dengan anak cucu dan cicit dari dahalu lagi.

    BalasHapus
  29. siapa orang indon yang benci malaysia cubalah berfikir dengan waras buat apa mahu benci dengan malaysia sedangkan orang bahasa indonesia hidup di sini dengan aman damai. Malahan ada yang sudah jadi kaya di sini. Dan atas kebaikan Malaysia ada yang sudah mendapat IC tetap di sini. Ada yang tinggal dengan anak cucu dan cicit dari dahalu lagi.

    BalasHapus
  30. hahaha malingsia memang di takdirkan tolol juga bodoh, maklum di negara malingsia baru trend forum jd klihatan begok nyua wkwkwk,udhlah ngaku aja dr pada tambah malu negara loe

    BalasHapus
  31. wkwkwk negara malingsia ga punya sejarah,budaya aja adopsi org indonesia,malingsia negara loe kyk benalu,merdeka hasil ngemis ngemis dr barat haduwwwww mana hrg diri sbuah negara?kasihan amat ya.........

    BalasHapus
  32. Malaysia negara bangsat maliiiing haram.jadah gw nginjek negara lo tai

    BalasHapus
  33. kamu bangga sama tentera kamu ya?hahaha...lu tgk askar lu sendiri bunuh orang acheh....gue fikir kerana rakyat lu miskin..jadi otak lu semua hanya dibodohkan oleh pemimpin lu yg rakus mengaut keuntungan tapi gak di salurkan pada rakyat lu yang beribu2 hidup dalam kemiskinan...merempat di negara orang lain...rakyat lu mau makan susah...kena maling, melacur, kutip sisa-sisa untuk sesuap nasi...emang pemimpin lu korupsi....negara lu bisa disamakan dengan india...nehhh yaa benar kamu kuat dari segi militar lu..tapi lu lihat sendiri rakyat lu yang miskin sama seperti india....merempat..kebuluran...tidak dibelaaa....

    BalasHapus
  34. Memang org java dr indonesia jenis xnk mngaku kalah..korang jajah kekayaan yg ada di aceh,riau,papua untuk majukan java island sahaja tu x maling ke?..memang dasar java indon bajingan..sia2 jer (kawan ku dari malaysia) kita layan2 org2 yg bengap dan xboleh terima hakikat nih..biarkn je diorang takut dgn bayang2 diorang sendiri(isu batik,ambalat,sepak bola,tki dan banyak lagi)..lagi baik kita fokus cmna nk develop malaysia utk jd negara yg lebih maju...cabaran untuk negara kita (malaysia)survive di masa hadapan lebih penting untuk kita fokuskn daripada cabaran kita melayan karenah2 indon munafik yg bodoh ni...biarkn jer perangkap zionis (isu nasionalism) menebal dlm hati diorang..nanti diorang juga yg rugi bila dah sedar diri tu dh masuk perangkap yahudi zionis..

    BalasHapus
  35. Indonesia telah banyak bersengketa dengan negara apa? sehinggakan telah banyak ter kontak dengan perang? adakah negara Indonesia tidak pernah aman dan suka berperang dengan negara tetangganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  36. Malaysia... anjiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiijiiiiiing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indognesial nama baru negara mu

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  37. TNI bukak batalion tank d kalimantan, mlaysia risau,minta tolong sana ,minta tolong sini,lari menjilat kaki ratu british d istana fuckingham:D malon dongok, idiot, the kingdom of maling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  38. kami anak malaysia tidak pernah takut dengan indonn bodoh weii klau nk perang marilah jangn slhkan kami klau negara kamu bertambah miskinn inndonnsetan kalau aku jmpe orng indon aku bunuh je bro.. indon sampah dimalaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  39. Malaysia nggak becus perang, dijajah inggris gak bisa merdeka sendiri. Bisanya ngemis kemerdekaan.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  43. media indonesia memang berat sebelah dan tidak tepat..sudah kebiasaan begitu kalau terhadap malaysia...kelemahan apa tentang malaysia ?? perang gerila ?? sebenarnya tentera sulu yg punya banyak kelemahan...persekitaran di hutan sabah tidak sama dgn di filipina dimana jarak penglihatan adalah tinggi kerana kawasan pertempuran sabah hanyalah sekadar ladang kelapa sawit bukan hutan yg tebal.
    lagipun yg terkorban di pihak malaysia hanya 9 org manakala pihak sulu 68 orang ini berdasarkan sumber dari ( wikipedia..https://en.wikipedia.org/wiki/2013_Lahad_Datu_standoff )..
    malaysia telah menggunakan pelbagai taktik peperangan yg modern spt mggunakan uav untuk mengintip pergerakan musuh dan menggunakan kaedah perang EW ataupun electronic warfare utk menghalang musuh dari membuat sbrg komunikasi.

    BalasHapus
  44. anti indogsial buduh17 Desember 2013 08.44

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  45. indonesia - malaysia silahkan selesai kan perselisihan kalian dgn cara kekeluargaan jgn sampai org lain tepuk tangan melihat orang satu rumpun tapi bermusuhan..!!! INGAT ITU...malaysia - indonesia adalah SATU RUMPUN MELAYU...

    BalasHapus
  46. biarkan urussan yg di atas menentukan kita bangsa indonesia tidak pernah mundur moto kami lebih baik mati dari pada pulang membawa malu sudahlah biarkan org yg berwajib yg menentukan dan jangan terbawa emosi

    BalasHapus
  47. kita bangsa indonesia mana bisa diam di lecehkan seperti itu hanya kesabaran yg kita dapat sekarang biarkan orang malaysia berbicara apa juga tar kalau cape dia juga diam anggap ajah kucing mengeong kita jangan dulu terhasut kawan biarkan dia berbicara apa juga jangan di dengarkan dan saatu kami bangsa indonesia tidak mau di sama sama kan oleh negara lain

    BalasHapus
  48. anjing malingsia banyak omong , bicara aja logat nya kayak kera sok komen panjang lagi ! ANJING!!!!

    BalasHapus
  49. anak gunung INDONESIA mengatakan :
    ntar yg punya anjing bernama malingsia marah lohhh...
    hahahhaa skali anjing tetaplah anjing

    BalasHapus
  50. SAYA INDONESIA ...TAPI SAYA CINTA DAMAI ............ PESAN INI UNTUK ORANG INDONESIA ketika kalian menjelekkan negara orang . maka kalian sama saja membuka aib negara sendiri .....dengan mencoreng citra ........"LAND OF SMILE" ..... dan kata kata kalian memperlihatkan kalau kalian itu tidak berpendidikan ...... ... bertutur katalah yang baik ......dan berikan dampak positif kepada semua opini orang ............ MAJU TERUS INDONESIA ...GO FIGHT MALAYSIA .......... JADILAH NEGARA YANG AKUR .....

    BalasHapus

Pengupdate Berita Pertahanan